Search

Temuan Baru, Isi Setrum Ponsel dengan Wi-Fi

Temuan Baru, Isi Setrum Ponsel dengan Wi-Fi - Beberapa mahasiswa teknik telah merancang sebuah alat yang mampu menangkap sinyal wi-fi dan mengubahnya menjadi arus listrik. Hal ini membuka peluang suatu saat nanti telepon seluler (ponsel) bisa diisi setrum tanpa menggunakan kabel.



Semua pengguna ponsel pasti pernah mengalami masalah ini. Sedang dalam perjalanan jarak jauh dan lupa membawa charger atau tidak tersedia colokan yang sesuai, sehingga pengguna memilih mematikan ponsel untuk menghemat baterei agar bisa digunakan di saat penting nantinya.



Dua mahasiswa teknik dari Duke Pratt School of Engineering, Alexander Katko dan Allen Hawkes, telah merancang alat di atas.



Teknologinya cukup rumit, namun prinsipnya adalah perangkat yang sangat efisien untuk menangkap sumber tenaga yang tersembunyi di balik gelombang energi tak terlihat di sekeliling kita.



Alat kecil berisi susunan lima sel bisa menghasilkan listrik 7 volt dari microwave di udara tipis, cukup untuk alat USB kecil. Jika ingin tenaga lebih, tinggal menambahkan sel.



Temuan ini memang baru tahap awal. Namun dengan modifikasi tambahan, bisa dibuat untuk dipasang pada ponsel sehingga dapat mengisi setrum tanpa kabel ketika sedang tidak dipakai.



Pengguna bisa mengisi setrum di dekat menara ponsel meskipun tidak tersedia sumber listrik.






Alexander Katko (kiri) dan Allen Hawkes menunjukkan alat yang berisi sel penangkap listrik, yang menghasilkan energi cukup untuk menyalakan lampu LED hijau yang terpasang.




Alexander Katko (kiri) dan Allen Hawkes menunjukkan alat yang berisi sel penangkap listrik, yang menghasilkan energi cukup untuk menyalakan lampu LED hijau yang terpasang. (sumber: Duke Pratt School of Engineering)





Temuan dua mahasiswa itu juga ramah lingkungan. Alat buatan Katko dan Hawkes pada prinsipnya memanfaatkan energi yang telah terpakai atau limbah.



[ sumber ]






sumber: http://sudibyoo1.blogspot.com/2013/11/temuan-baru-isi-setrum-ponsel-dengan-wi.html
Blogger Template