Search

Honda dan Toyota Perang Mobil Hidrogen

Tokyo/Los Angeles -Perang mobil berbahan bakar hidrogen akan semakin ketat setelah masing-masing produsen mobil mengembangkan mobil sejenis. Seperti Toyota yang berniat memproduksi mobil hidrogen pada 2015 mendatang.

Toyota FCV Concept merupakan sebuah konsep masa depan Toyota yang memang sudah berencana untuk memproduksi dan menjual mobil berbahan bakar hidrogen pada tahun 2015 mendatang.

Dimensi tubuh mobil ini berkisar di angka 4.870x1.810x1.535 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.780 mm. Desain tubuh mobil yang bisa menampung 4 penumpang ini tampak futuristik dengan garis yang mengalir dari facia sampai ke buritan.

Menggunakan bahan bakar hidrogen, mobil ini diklaim Toyota mampu berjalan minimal 500 km dengan tangki penuh sebelum harus diisi lagi bahan bakarnya. Namun, mengisi bahan bakar juga tidak terlalu sulit karena merek Jepang ini mengatakan hanya butuh waktu 3 menit untuk melakukan hal itu ke 2 tangki hidrogen yang dirancang khusus di mobil ini.

Kekuatannya mencapai 100 kW namun diklaim tetap ramah lingkungan. Terlebih, mobil ini juga bisa berjalan hanya dengan menggunakan tenaga listrik dari baterai yang digendongnya.

Pesaing Toyota, Honda pun tak tinggal diam. Honda sudah sering memperkenalkan mobil hidrogen yang dijuluki FCX Clarity. Oleh Honda, mobil terus diuji coba sejak 2009 silam.

Mobil ini diuji di dataran Eropa untuk mengetahui sisi kelemahannya. Nah, seiring berjalannya waktu Honda pun terus mempermak FCX Clarity dan menghasilkan generasi kedua FCX Clarity yang disebut FCEV Concept.

Tidak seperti Toyota yang akan memperkenalkan mobil hidrogen di rumahnya, Jepang, Honda FCEV Concept akan mengawal debut di Los Angeles Auto Show pada 20 November. Honda memang sudah menyiapkan Honda FCEV untuk pasar mobil AS dan Jepang.

"Honda FCEV Concept menunjukkan visi perusahaan untuk mobilitas pribadi di masa depan dan komitmen kami untuk mengembangkan kendaraan berbahan bakar alternatif canggih. Kita bekerja menuju pengenalan kendaraan sel bahan bakar generasi berikutnya pada tahun 2015. Pengalaman panjang kami dengan bahan bakar sel akan membantu kita membuka jalan menuju masa depan yang tanpa emisi," kata Senior Vice President Honda Amerika, Mike Accavitti.



sumber: http://sudibyoo1.blogspot.com/2013/11/honda-dan-toyota-perang-mobil-hidrogen.html
Blogger Template