Search

5 Fakta Panglima Burung, Sosok Sakti yang Sangat Dihormati Oleh Suku Dayak


Tentang kehebatan suku Dayak, sepertinya kita sudah tak perlu lagi mempertanyakannya. Ya, di tanah Kalimantan, merekalah yang paling disegani dan dihormati. Sakti, jumawa, kharismatik, mistiknya yang masih kuat, membuat salah satu suku tertua di Indonesia ini juga begitu ditakuti.

Satu hal lagi yang membuat Dayak makin disegani. Ya, ini adalah tentang eksistensi sosok penting mereka yang sering disebut sebagai Panglima Burung. Sosok satu ini begitu dipuja dan dihormati oleh orang Dayak. Ia adalah pahlawan yang akan membantu orang-orang Dayak menyelesaikan masalah pelik yang berat. Konon, ketika Panglima Burung muncul, maka dipastikan hal sebesar apa pun akan segera mampu terselesaikan.

Lalu, seperti apa sebenarnya sosok satu ini? Apakah ia memang sekuat seperti yang diberitakan? Simak faktanya lewat ulasan berikut, seperti yang dikutip dari boombastis.com.

 

1. Siapakah Panglima Burung Sebenarnya?


Hal yang masih jadi pertanyaan besar terutama bagi orang luar Dayak, adalah seperti apa sebenarnya sosok Panglima Burung itu. Banyak yang mengatakan jika tokoh satu ini berwujud manusia asli dengan fisik kuat dan sudah tua. Namun, ada pula yang mengatakan jika Panglima Burung adalah sosok gaib yang dipanggil melalui ritual.

Tentang Panglima Burung, ia dikatakan mendiami pedalaman hutan Kalimantan selama ratusan tahun. Ia bersemedi di sana dan akan bertindak begitu dipanggil oleh anak cucunya. Sosok satu ini juga pernah dikatakan sebagai jelmaan burung Enggang, makhluk suci yang dikeramatkan oleh suku Dayak.

Republished by Blog Post Promoter

The post 5 Fakta Panglima Burung, Sosok Sakti yang Sangat Dihormati Oleh Suku Dayak appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/29y6DFI
Blogger Template