Search

13 Fakta Menarik tentang Sang Comandante Fidel Castro


Sang comandante, Fidel Castro sudah meninggalkan dunia dua hari lalu. Pemimpin revolusioner Kuba itu menghembuskan nafas terakhir di usia yang cukup tua, 90 tahun. Fidel Castro memimpin Kuba selama hampir 50 tahun sebelum Raul mengambil alih posisinya pada 2008.

Sepanjang masa Perang Dingin, Fidel Castro adalah sosok yang tidak disukai oleh pemerintah Amerika Serikat, karena aksi gerillya yang dipimpinnya dalam menggulingkan rezim militer Kuba, Fulgencio Batista, pada 1959.

Bagi Indonesia pertalian sejarah dengan Fidel Castro dan Kuba sempat terjalin manakala Fidel bertemu dengan Presiden Soekarno pada era 1960an. Kedua tokoh ini saat itu menjadi figur yang disegani di dunia.

Fidel Castro, sang comandante memang telah tiada. Namun semangatnya yang selalu berpihak pada rakyat kecil tetap membara sehingga namanya selalu menarik untuk dibicarakan. Berikut beberapa fakta menarik tentang sang comandante.

 

  1. Fidel Castro memimpin Kuba selama lima dekade. Itu adalah waktu terpanjang ketiga bagi seorang pemimpin dunia berada di kekuasaannya. Fidel menempati urutan ketiga setelah Ratu Elizabeth dan Raja Thailand.
  2. Di bawah kepemimpinan Fidel Castro, Kuba mengalami sanksi ekonomi dari Amerika Serikat selama lima dekade dan sembilan Presiden Amerika Serikat. Mulai Eisenhower sampai George W Bush. Sanksi itu dicabut belum lama ini di bawah Presiden Barack Obama dan membuka kembali hubungan diplomatik Kuba-AS.
  3. CIA pernah mencoba menggunakan obat kimia penghilang rambut untuk mencukur habis janggut tebal Fidel Castro.
  4. Pada 26 September 1960, Fidel Castro berpidato selama 4 jam 29 menit. Pidato itu menjadi yang terpanjang di dunia dan belum ada rekor lain yang memecahkannya.
  5. Fidel Castro lahir pada hari Jumat tanggal 13. Wow, angka dan hari yang keramat!
  6. Pada usia 12 tahun, Fidel Castro pernah meminta uang sebesar U$ 10 miliar melalui surat yang dia kirim pada Presiden AS, Roosevelt karena dia belum pernah melihatnya sama sekali.
  7. Dalam setahun Fidel Castro selalu menyediakan 10 hari tanpa gangguan apapun untuk kegiatan mencukur jenggotnya.
  8. Pada 2007, CIA merilis dokumen lawas yang berisi rencana pembunuhan Castro pada 1960 oleh mafia Italia yang bekerja sama dengan CIA. Upaya pembunuhan itu akhirnya gagal.
  9. Hanya ada satu toko penjual daging halal (kosher) bagi masyarakat Yahudi di Kuba. Fidel Castro mengizinkan toko itu buka dan melayani 1.500 orang penganut agama Yahudi di Kuba.
  10. Tiga anak Fidel Castro diberi nama yang sama dengan nama kaisar Alexander Agung: Alexis, Alejandro, dan Alexander.
  11. Ketika Fidel Castro resmi menjadi pemimpin Kuba, dia memerintahkan untuk menghancurkan board game Monopoli.
  12. Nelson Mandela pernah menulis buku bersama Fidel Castro dengan judul How Far We Slaves Have Come!
  13. Kamu tidak akan menemukan nama Fidel Castro sebagai nama jalan, gedung, atau institusi lokal. Semua itu sebagai konsekuensi pilihan Fidel Castro yang tidak ingin dikultuskan secara personal.

 

The post 13 Fakta Menarik tentang Sang Comandante Fidel Castro appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2gxQ5SF
Blogger Template