Search

10 Hal yang Dapat Kita Pelajari Dari Para Hewan


Pelajaran tidak hanya bisa didapatkan di lingkungan masyarakat atau sekolah saja, namun ada banyak pelajaran yang bisa kita dapatkan bahkan dari hewan. Meskipun hewan tidak memiliki kecerdasan yang sama dengan manusia tapi ternyata mereka memiliki banyak hal positif yang bisa kita ambil dan pelajari. Berikut ini adalah 10 pelajaran yang dapat dipelajari dari hewan, seperti yang dilansir oleh tahupedia.com.

 

10. Bekerja Sama

Pernah melihat kerumunan semut yang membawa makanan menuju sarang mereka? Para semut tersebut saling bekerja sama untuk membawa makanan yang ukurannya jauh lebih besar dari tubuh mereka. Para semut sadar apabila hal tersebut dilakukan secara sendiri maka tidak mungkin mereka akan bisa bertahan hidup. Manusia yang melihat perilaku semut tersebut harusnya bisa mengambil pelajaran dari kerja sama mereka. Sayangnya manusia sudah lupa bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, karena itulah kerja sama menjadi pelajaran penting dalam hidup yang tidak bisa dilupakan.

 

9. Adil

Sebenarnya dalam hal ini harusnya manusia harus bisa lebih mengerti dari hewan. Jika hewan saja bisa berlaku adil pada hewan lain, kenapa manusia yang lebih pintar tidak bisa melakukan hal tersebut. Seperti yang terjadi pada anjing, pada diri mereka sudah memiliki kode khusus ketika bermain. Mereka tahu bagaimana cara bersikap adil dengan sesama anjing. Mereka tahu kapan waktunya untuk bermain dan kapan waktunya untuk berbagi.

 

8. Perhatikan Naluri Anda

Hewan dibekali dengan naluri yang kuat untuk bisa bertahan hidup. Insting mereka tersebut mereka gunakan tidak hanya untuk mencari makan tapi juga untuk mendeteksi adanya bahaya yang datang. Di sisi lain, manusia seringkali mengabaikan insting tersebut. Padahal insting yang terdapat manusia dapat berguna sebagai alat deteksi apa yang terjadi di sekitar kita.

 

7. Cinta Tanpa Syarat

Hewan tidak memiliki syarat khusus dalam hal mencintai sesuatu. Seburuk apapun tindakan kita, terkadang hewan tetap bisa memaafkan dan mencintai kita. Banyak dari kita merasa aneh apabila bersikap baik pada orang asing meskipun orang tersebut telah membantu kita. Namun hewan seperti anjing sama sekali tidak memiliki masalah dalam hal tersebut. Anjing dapat membalas perbuatan baik yang dilakukan oleh orang padanya.

 

6. Tidak Pernah Menyerah

Pada suatu saat ikan salmon akan kembali ke tempat asal mereka lahir untuk bertelur. Untuk melakukan hal tersebut mereka harus melalui perjalanan sulit yang salah satunya adalah melawan arus air sungai. Demi bertelur, ikan salmon ini bahkan rela mengorbankan nyawa mereka. Pelajaran pantang menyerah yang dimiliki oleh ikan salmon inilah yang harusnya dimiliki oleh manusia. Walaupun tidak harus sampai mengorbankan nyawa, seharusnya manusia selalu bekerja keras apabila ingin mencapai suatu hal.

 

5. Belas Kasihan

Manusia berpikir dunia hewan merupakan dunia yang kejam dimana berlaku peraturan siapa yang kuat maka dia yang dapat bertahan hidup. Memang hal tersebut benar adanya, tapi ternyata para hewan juga memiliki perasaaan belas kasihan kepada hewan bahkan yang berbeda jenis sekalipun. Bahkan seekor singapun bisa menjadi melindungi wildebeest dari serangan singa lain. Padahal sudah menjadi hal alami singa memangsa wildebeest.

 

4. Sabar

Siapa yang menyangka mahkluk seperti hewan memiliki rasa sabar. Bagaimana seekor singa bisa sabar menanti mangsanya atau anjing yang bisa sabar menanti pemiliknya memberikan makanan. Pelajaran simple dari hewan tersebut terkadang selalu kita lupakan. Kita lupa bahwa dalam menjalani hidup ini, diperlukan kesabaran jika kita menginginkan sesuatu. Jika hewan saja bisa bersabar dalam meraih sesuatu, kenapa kita sebagai manusia tidak bisa melakukan hal yang sama.

 

3. Semua Unsur Saling Berhubungan

Di dunia hewan, semua unsur yang berada di lingkungan mereka saling memiliki hubungan satu dengan yang lainnya baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Sama halnya dengan kita manusia, semua orang baik itu yang kita kenal ataupun tidak pasti memiliki hubungan dengan kita. Entah nantinya orang tersebut akan berperan penting dalam kehidupan kita di waktu yang akan datang atau sekarang. Untuk itu amat penting untuk saling menjaga hubungan dengan sesama manusia.

 

2. Tanggung Jawab

Tidak semua manusia mengerti akan tanggung jawab mereka, namun hal tersebut tidak terjadi di dunia hewan. Walaupun mereka hanya hewan tapi secara mengagumkan mereka mampu mengenali tanggung jawab mereka dengan baik. Seperti yang terjadi pada singa, para induk secara otomatis akan menjaga, merawat, dan mengajari anak-anaknya agar bisa menjadi singa dewasa yang bisa memimpin keluarganya. Bagaimana cara bertahan hidup di alam liar merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan oleh induk singa pada anaknya. Pelajaran dalam menjalani hidup seperti itu yang seharusnya bisa dicontoh oleh manusia.

 

1. Nikmati Waktu Saat Ini

Manusia seringkali stress memikirkan apa yang akan dihadapi di masa mendatang, namun hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh hewan. Di dunia hewan, biasanya hewan hanya akan mengutamakan apa yang dapat dilakukan dilakukan saat ini. Mereka tidak perduli apa yang akan terjadi di hari esok. Contoh hewan tersebut adalah kucing. Kucing hanya akan bermain, tidur, dan makan setiap harinya. Sungguh menyenangkan melihat kucing bisa menikmati hari-harinya tersebut. Sebagai manusia ada kalanya kita berhenti sejenak memikirkan apa yang akan besok dilakukan dan menikmati waktu yang kita jalani sekarang.

 

Republished by Blog Post Promoter

The post 10 Hal yang Dapat Kita Pelajari Dari Para Hewan appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/24JmGG1
Blogger Template