Search

4 Tembok Kuno yang Paling Berpengaruh Terhadap Sejarah Dunia


Jika ditelisik, saat ini kita bisa menemukan banyak tembok tua yang dibangun pada zaman kuno, baik yang masih utuh maupun yang sudah hancur menyisakan nama saja. Bila diketahui, tembok-tembok ini bukan sembarang dibangun karena bangunannya yang berbentuk raksasa sengaja dibuat untuk benteng pertahanan atau pun batas wilayah kekuasaan.

Karena usia yang panjang ini, tentu tembok kuno ini menyimpan banyak sejarah penting yang layak kamu ketahui. Kira-kira tembok mana saja itu? Untuk itu, supaya kamu tidak penasaran berikut kami ulas 4 tembok kuno yang paling berpengaruh terhadap sejarah dunia, seperti yang dilansir boombastis.com.

 

Tembok Berlin


Dahulunya Berlin pecah menjadi dua, yakni Berlin Barat yang dikuasai Jerman Barat dan Berlin Timur yang berada di bawah bayang-bayang komunisme Uni Sovyet. Terbaginya kota Berlin ini banyak mendapat tentangan, terutama oleh penduduk Jerman sendiri. Mereka yang tak mau hidup di bawah kekuasaan komunis menyeberang ke Barat sehingga sempat mengakibatkan jatuhnya perkembangan Jerman Timur.

Untuk mencegah migrasi ini dibangunlah tembok sepanjang 155 kilometer dan tinggi 3,6 meter pada tanggal 13 Agustus 1961 yang dikenal dengan nama Tembok Berlin lengkap dengan kawat berduri dan menara pengawas. Warga Jerman Timur saat itu benar-benar terisolir. Berkat perubahan politik radikal yang mendera Uni Sovyet, kekuatan Jerman Timur kian lemah sehingga terjadilah kebijakan untuk meruntuhkan Tembok Berlin tahun 1989 dan disebut sebagai hari kebebasan warga Jerman.

The post 4 Tembok Kuno yang Paling Berpengaruh Terhadap Sejarah Dunia appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2eq3Heh
Blogger Template