Search

10 Agen Rahasia Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Seberapa banyak film bertemakan agen rahasia yang pernah kalian tonton? Setidaknya ada 2 atau 3 film agen rahasia yang pernah kalian saksikan. Kalian tentunya sudah mendapatkan gambaran tentang apa saja sih tugas serta kemampuan yang dimiliki oleh seorang agen rahasia. Di jaman dulu, seorang agen rahasia atau mata-mata biasanya disewa atau ditunjuk dengan satu tujuan yakni mencari tahu informasi tentang negara lawan. Dari sekian banyak mata-mata yang ada di dunia, hanya ada 10 orang yang namanya benar-benar terkenal sepanjang sejarah dunia mata-mata. Siapa sajakah kesepuluh mata-mata tersebut? Simak ulasannya seperti yang dilansir tahupedia.com.

 

10. George Blake, Belanda


George Blake adalah mata-mata berdarah Belanda yang lahir pada tahun 1922. Blake memulai karirnya sebagai mata-mata untuk negara Inggris pada masa Perang Dunia II. Nasib sial dialami Blake, aksinya ketauan dan dirinya ditangkap oleh tentara Korea Utara. Oleh pemerintah Korea Utara, Blake ditahan selama 3 tahun. Selama menjalani masa kurungan tersebut, Blake kemudian berubah haluan menjadi orang komunis.

Di tahun 1953 Blake kembali ke tanah Inggris dengan dianggap sebagai pahlawan. Namun pemerintah Inggris tidak tahu bahwa Blake berstatus agen ganda. Blake membocorkan sebanyak 40 lebih anggota MI6 pada Uni Soviet. Jelas saja aksi Blake ini menghancurkan jaringan MI6 di Eropa Timur. Aksi mata-mata Blake akhirnya terbongkar dan dijatuhi hukuman 42 tahun penjara. Lima tahun kemudian, Blake berhasil kabur dan terbang ke Moskow. Di tahun 2007, Vladimir Putin memberikan penghargaan Order of Friendship untuk Blake.

The post 10 Agen Rahasia Paling Terkenal Sepanjang Sejarah appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2eMlBbF
Blogger Template