Search

Ada Sesuatu yang Unik di Desain Uang Rp 50 Ribu Lama


Apakah kamu masih meyimpan uang pecahan 50 ribu versi lama? Jika ada, cobalah perhatikan dan teliti uang tersebut maka kamu akan menemukan sesuatu yang unik dari uang tersebut.

Selain kamu dapat menemukan sosok pencipta lagu Kebangsaan Indonesia, kamu juga akan menemukan sesuatu unik yang terselip dalam uang itu. Nah, kita mulai dulu dari sesuatu unik dari gambar sosok pria dalam uang 50 ribu versi lama.

Pria dalam uang tersebut adalah Wage Rudolf Soepratman. Meski tak melawan penjajah, namun jasanya sangat berarti bagi Indonesia. Soepratman berhasil menciptakan lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya.

Untuk bisa membuat lirik sempurna, dibutuhkan usaha yang cukup keras. Ketika tinggal di Jakarta, ia sempat membaca sebuah karangan dalam majalah Timbul. Penulis karangan itu menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan.

Dikutip TribunSolo.com, pada bulan Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres Pemuda II. Kongres itu melahirkan Sumpah Pemuda. Dan pada malam penutupan kongres, tanggal 28 Oktober 1928, Soepratman mendengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum.

Pada saat itulah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum. Semua yang hadir terpukau mendengarnya. Bahkan lagu itu selalu dikumandangkan saat partai-partai politik saat mengadakan kongres.

Hingga akhirnya lagu yang merujuk pada rasa persatuan dan kehendak merdeka itu dinobatkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia, setelah Indonesia merdeka dari penjajah.

Namun sayang, suasana merdeka tak sempat dirasakan oleh pencipta lagu itu, Wage Rudolf Soepratman. Dia meninggal pada 17 Agustus 1938 akibat jatuh sakit karena selalu diburu oleh polisi Hindia Belanda lantaran menciptakan lagu Indonesia Raya.

Terlepas dari itu, ada lagi sesuatu yang unik yang terselip dalam uang pecahan 50 ribu versi lama. Apakah itu?

Adalah sebuah deretan kata yang membentuk kalimat panjang. Deretan kata ini terselip di sebelah tanda tangan dewan gubernur Bank Indonesia. Jika ingin lebih jelas lagi, perhatikan gambar di bawah ini.

Jika diperbesar, maka tulisan panjang itu akan terlihat jelas. Dan ternyata tulisan panjang itu merupakan lirik lagu Indonesia Raya.

Republished by Blog Post Promoter

The post Ada Sesuatu yang Unik di Desain Uang Rp 50 Ribu Lama appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2dR16yp
Blogger Template