Search

9 Hewan Endemik di Pulau Jawa yang Hampir Punah


Hewan endemik adalah jenis hewan asli yang mendiami suatu daerah tertentu, dimana jenis hewan tersebut tidak ditemukan di daerah lain dan terkadang jenis hewan ini menjadi ciri khas daerah tersebut.

Di pulau Jawa terdapat beberapa hewan endemik, beberapa di antaranya berstatus “endangered” atau hampir punah. Dimana kebanyak hewan endemik ini adalah hewan yang dilindungi dan tidak boleh diburu demi kepentingan apapun.

Buat yang suka mendaki gunung di pulau Jawa, sangat penting mengetahui jenis hewan endemik di pulau Jawa ini, supaya kita bisa membedakan hewan endemik atau bukan. Lantas, hewan apa saja yang termasuk hewan endemik di pulau Jawa?

 

1. Banteng Jawa


Hewan endemik di pulau Jawa yang pertama adalah Banteng Jawa dengan nama latin “Bos javanicus javanicus” merupakan satu dari lima jenis banteng yang ada di dunia, dimana satu di antaranya sudah punah.

Banteng Jawa menyebar di Jawa, Madura, dan Bali, dimana dapat ditemukan di beberapa taman nasional seperti Ujung Kulon, Alas Purwo, Meru Betiri, Baluran, dan Taman Nasional Bali Barat.

Republished by Blog Post Promoter

The post 9 Hewan Endemik di Pulau Jawa yang Hampir Punah appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2eUbAwH
Blogger Template