Search

5 Negara yang ‘Hilang’ di Abad 20


Taukah kamu kalau di awal abad ke-20, hanya ada beberapa lusin negara berdaulat yang independen di dunia? Meski sekarang udah ada hampir 200 negara yang diakui, namun ternyata ada juga lho yang ‘hilang’ di abad terakhir: pemerintah, bandara, dan semua milik negara tersebut lenyap. Sebelum kamu makin kaget, berikut daftar 5 negara yang hilang di abad ke-20, seperti yang dikutip dari astaga.com.

 

Jerman Timur
Jerman Timur merupakan sebuah negara sosialis yang pernah ada di Jerman dari tahun 1949 hingga 1990. Setelah Revolusi Damai 1989/1990 dan berakhirnya sosialisme di Jerman Timur, negara ini pun bergabung dengan Jerman Barat. Nah, dengan bersatunya Jerman pada tanggal 3 Oktober 1990, berakhirlah pula eksistensi Jerman Timur.

 

Cekoslowakia
Negara yang satu ini adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang berdiri dari tahun 1918 hingga 1992. Nah, pada 1 Januari 1993, negara ini pecah secara damai menjadi Ceko dan Slowakia.

 

Austria-Hongaria
Dikenal sebagai negara dualistik, negara ini berasal dari penggabungan antara bangsawan Hongaria dan monarki Habsburg dalam percobaan mencapai Kekaisaran Austria kuno pada tahun 1804. Sayangnya, kehidupan politik negara ini didominasi pertikaian. Akhirnya kekaisaran ini lenyap tahun 1918, berdekatan dengan Perang Dunia I.

 

Tibet
Meski tanahnya sendiri udah ada dari seribu tahun yang lalu, namun negara ini baru resmi diakui merdeka pada tahun 1913 di bawah Dalai Lama. Namun, tahun 1951 negara ini diduduki oleh pasukan Mao dari China yang menyebabkan tegangnya situasi di sana. Berhasil berontak pada tahun 1959, akhirnya pemerintah Tibet pun dibubarkan dan hingga kini hanya diakui sebagai wilayah yang tergabung dalam China.

 

Uni Soviet Republik Sosialis (Uni Soviet)
Uni Soviet adalah negara komunis yang pernah ada pada tahun 1922 sampai 1991 di Eurasia. Namun, akibat kekalahan yang dialami Uni Soviet dan negara-negara satelitnya di Eropa Timur terlibat dalam Perang Dingin, situasi ekonomi dan politik di negara tersebut pun berangsur kacau. Kini, Uni Soviet hanya sering kita dengar dalam buku-buku Sejarah aja.

 

Nah, itulah beberapa negara yang sudah hilang di abad ke-20, masih banyak negara-negara lain yang sudah lenyap ditelan bumi.

 

The post 5 Negara yang ‘Hilang’ di Abad 20 appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/1Oldn32
Blogger Template