Search

Kiat Hindari Lecet Puting Payudara Saat Olahraga


BlogBugar, Guncangan yang dialami payudara saat berolahraga berisiko mengakibatkan puting lecet. Memang sudah ada sport bra alias bra khusus pelindung payudara saat olahraga. Namun agar lebih aman, puting bisa diberi plester khusus.



Plester untuk puting dikenal sebagai nipple patch. Pelari perempuan jarak jauh biasanya menggunakan nipple patch untuk melindungi putingnya lecet akibat payudara berguncang-guncang saat lari.



"Terutama untuk lari jarak jauh, kadang bisa memicu lepuh di puting karena tergesek-gesek saat bouncing (berguncang)," kara Dr Michael Triangto, SpKO, ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran saat dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.



Keringat yang mengering dan kandungan garam tubuh bisa menjadi seperti amplas bagi dada dan pakaian yang dikenakan. Kondisi itu memungkinkan terjadinya luka lecet pada puting dalam skala ringan hingga perdarahan di ujung puting. Umumnya perih di puting baru terasa saat para atlet membersihkan diri di kamar mandi usai latihan.



Itulah makanya diciptakan 'plester' payudara. Alat ini akan semakin mengamankan puting saat 'berduet' dengan sport bra. Umumnya nipple patch dibuat dari bahan yang tahan air, sehingga keringat yang mengalir maupun hujan tidak akan nekat masuk ke area payudara yang sensitif itu.



'Plester' ini bisa dibeli di toko olahraga dan dipasang di puting untuk menghindari gesekan langsung dengan lapisan bra saat terjadi bouncing atau guncangan.(vit/up)





sumber: health.detik.com






source: http://www.blogbugar.com/2013/04/kiat-hindari-lecet-puting-payudara-saat.html
Blogger Template