Search

Ini Dia 3 Teknik Penting Latihan Beban


BlogBugar, Mewujudkan bentuk badan yang ideal dan sesuai impian bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan melakukan fitnes secara teratur. Saat melakukan latihan beban, terkadang ada banyak hal yang tidak pernah Anda perhatikan. Padahal sebenarnya memiliki peran yang penting dalam menentukan perkembangan dari latihan yang dilakukan.



Dikutip dari Dunia Fitnes, FX. Erwin Santoso, seorang fitness and sport nutrition expert, menjabarkan 3 hal yang sangat berperan penting dalam menentukan hasil latihan Anda.



Failure

Tidak jarang orang yang melakukan latihan beban hanya fokus pada jumlah repetisi tanpa memperdulikan beban yang diangkatnya. Ada yang melatih otot bisep dengan mengangkat dumbbell 3 kg dengan repetisi 15 kali, karena di buku tertulis 15 repetisi, Padahal sebenarnya tenaganya mampu mengangkat hingga 20-25 kali. Hal ini tidak akan membawa bisep Anda lebih kuat dan besar ataupun kencang, namun hanya menambah stamina otot bisep saja.



Istilah failure ini berkaitan dengan repetisi yang Anda lakukan. Saat melihat menu latihan dengan repetisi 15, artinya Anda ambil beban untuk latihan tersebut, eksekusi dengan benar hingga Anda tidak kuat lagi mengangkatnya di repetisi ke 16. Jadi angka repetisi 15 sebenarnya merupakan angka maksimal yang betul-betul Anda bisa angkat dengan sempurna, tanpa harus mengorbankan gerakan.



Tempo

Istilah ini adalah irama pada saat mengangkat dan menurunkan beban. Misalnya sedang melakukan latihan Flat Barbell Press, saat Anda angkat beban, angkatlah dengan ‘eksplosif’, artinya angkat beban tersebut hanya dalam 1 tempo atau 1 hitungan saja. Lalu pada saat menurunkan beban, turunkan dengan perlahan hingga mencapai 3 hitungan atau 3 tempo minimal. Tempo ini juga disebut dengan tempo 3-1.



Biasanya kesalahan banyak orang adalah melakukan latihan beban dengan tempo 1-1. Penelitian mengatakan, dengan tempo minimal 3-1 ini tingkat stimulasi atau rangsangan terhadap perkembangan otot menjadi lebih bagus.



Mind to Muscle Connection (MMC)

Latihan MMC ini lebih berkaitan dengan seberapa bagus tingkat konsentrasi Anda dalam melakukan angkatan saat latihan. Hasil yang Anda dapatkan saat benar-benar konsentrasi terhadap apa yang Anda lakukan repetisi demi repetisi akan membawa dampak yang luar biasa dibandingkan yang tidak konsentrasi.



Dengan teknik yang benar, latihan dan hasil yang didapat pun menjadi maksimal. Selamat berlatih!(andy@oktomagazine.com)





sumber: oktomagazine.com






source: http://www.blogbugar.com/2013/04/ini-dia-3-teknik-penting-latihan-beban.html
Blogger Template