Search

7 Manfaat Renang Yang Menyehatkan


BlogBugar, Jika Anda adalah salah satu orang yang malas berolahraga, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk berenang. Olahraga ini menawarkan banyak manfaat sehat bagi tubuh, membantu membakar lemak, dan membuat tubuh lebih segar.



Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk memulai olahraga renang, seperti dilansir oleh Fit Sugar, antara lain:



1. Memperkuat seluruh otot tubuh

Berenang tidak hanya membuat otot punggung dan lengan Anda bekerja keras, tetapi otot-otot lain di seluruh tubuh juga ikut berkontraksi. Olahraga ini lebih asik karena Anda dapat memperkuat seluruh otot tubuh tanpa harus melakukan berbagai jenis latihan.





Jika Anda baru saja pulih dari cedera lutut,2. Olahraga yang ramah terhadap pemulihan cedera lutut renang adalah pilihan olahraga yang ramah terhadap pemulihan dan tepat untuk membangun kekuatan kembali. Tubuh mungkin belum siap untuk memulai olahraga seperti berjalan, sehingga berenang adalah alternatif yang bagus karena tidak memberikan tekanan yang besar pada lutut.



3. Membuat otot lebih fleksibel

Olahraga renang menggabungkan latihan ketahanan dengan kardio, yang dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tubuh terlibat dalam berbagai gerakan yang membantu otot-otot lebih fleksibel.



4. Latihan yang baik untuk orang yang memiliki asma

Berenang memungkinkan Anda untuk beraktivitas fisik di udara lembab yaitu di dalam kolam renang. Olahraga ini dipercaya dapat mengurangi risiko asma karena berenang memerlukan beberapa kontrol napas dan juga meningkatkan fungsi paru-paru Anda secara keseluruhan terkait kapasitas pernapasan.



5. Cara yang bagus untuk membakar kalori

Sebuah studi menunjukkan bahwa berenang selama satu jam dengan intensitas sedang dapat membakar sekitar 500 kalori. Olahraga renang membantu meningkatkan metabolisme, sehingga akan lebih banyak membakar kalori.



6. Memaksimalkan kardio Anda

Berenang merupakan latihan aerobik yang baik karena melibatkan kontrol napas yang lebih banyak dibandingkan dengan berjalan, sehingga peningkatan permintaan untuk oksigen, menyebabkan otot-otot Anda bekerja lebih keras. Sehingga Anda dapat mendapatkan manfaat latihan kardio dengan lebih maksimal di waktu yang lebih singkat.



7. Menyegarkan

Berenang adalah olahraga yang paling menyegarkan karena sepanjang aktivitas, Anda lakukan dalam air. Sehingga tidak heran jika banyak wanita yang memilih olahraga ini, karena menyukai latihan yang tidak membuatnya berkeringat dan gerah setelahnya.(vit/vit)





sumber: health.detik.com






source: http://www.blogbugar.com/2013/04/7-manfaat-renang-yang-menyehatkan.html
Blogger Template