Search

Sering Memeriksa Ponsel Tanda Anda Depresi



Rata-rata, pengguna smartphone memeriksa gadget mereka sebanyak 150 kali dalam sehari. Dan hampir satu per tiga dari pengguna smartphone mengakui bahwa mereka kecanduan memainkan gadget mereka.


Semua orang tahu bahwa memainkan ponsel Anda terus-menerus adalah sebuah kebiasaan yang tidak sehat. Sebuah riset terbaru bahkan mengatakan bahwa hal ini adalah gejala depresi.


Seperti yang dikutip dari metrotvnews.com , Berdasarkan riset Baylor University, terus-menerus memeriksa ponsel adalah bukti bahwa seseorang sedang berusaha untuk memperbaiki mood mereka.


Penelitian ini berusaha mencari tahu hubungan antara kecanduan ponsel dengan kepribadian seseorang dan menemukan bahwa penggunaan yang berlebihan adalah bukti mereka memiliki emosi yang tak stabil.


Dalam penelitian tersebut, sebanyak 346 mahasiswa diminta untuk mengisi survei online untuk menghitung penggunaan smartphone, kehati-hatian, keterbukaan sifat, keramahan, materialisme, dan rasa gairah.


Data yang didapatkan menunjukkan bahwa orang yang lebih sering menggunakan ponsel mereka cenderung lebih mementingkan harta benda, memiliki mood yang cepat berubah, cenderung lebih emosional, dan lebih sulit untuk fokus pada tugas mereka. Orang-orang dengan sifat yang impulsif juga cenderung lebih sering menggunakan ponsel mereka.


Orang-orang suka duduk sendiri dan sibuk bermain dengan gadget mereka kerap juga dijuluki introverte, tetapi penelitian justru membuktikan bahwa orang-orang yang sering menggunakan ponsel mereka justru bukanlah orang-orang dengan kepribadian tertutup.


“Sama seperti dengan kasus kecanduan lain, kecanduan pada ponsel mungkin adalah sebuah usaha seseorang untuk memperbaiki mood mereka,” kata sang penulis dari jurnal ini.


“Terus-menerus memeriksa, email, mengirimkan pesan, tweet dan menjelajah internet berfungsi untuk mengalihkan perhatian seseorang dari rasa cemas yang harus dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun pengalih perhatian ini hanya bersifat sementara.”


Riset yang diadakan sebelumnya juga menunjukkan bahwa kecanduan ponsel sering dikaitkan dengan rasa kesepian, sifat pemalu, pola tidur yang buruk dan sulit berkonsentrasi saat bekerja.


The post Sering Memeriksa Ponsel Tanda Anda Depresi appeared first on @terselubung.






diambil dari: http://ift.tt/1An45kX
Blogger Template