Search

‘3 Matahari’ Muncul di Rusia



Warga di kota Chelyabinsk, Rusia beruntung bisa menyaksikan fenomena unik seperti ‘3 matahari’ muncul di atas cakrawala. Tak lama kemudian, beredar banyak foto-foto terkait pemandangan unik dan cantik itu di media sosial. Demikian diberitakan kantor berita Rusia Tass.


Menurut ahli meteorologi setempat, penampakan tersebut kerap dikenal dengan sebutan ‘halo’. Merupakan ilusi optik yang disebabkan dari kristal es di udara yang membiaskan sinar matahari.


“Kristal es yang tak bisa dipandang dengan mata telanjang itu adalah produk dari suatu pagi yang sangat dingin, dengan suhu sekitar 25 derajat,” kata ketua badan ramalan cuaca di kawasan Sverdlovsk, Galina Sheporenko seperti yang dikutip liputan6.com dari BBC. Penjelasan selengkapnya tentang fenomena halo dapat dibaca disini dan disini


Beberapa hari sebelumnya, penduduk setempat juga dikejutkan dengan pemandangan tak terduga lain yakni salju kebiru-biruan yang menutup jalan-jalan kota. Ternyata merupakan akibat dari tumpahnya cairan kimia dari sebuah pabrik pewarna telur paskah yang menguap dan bercampur dengan salju.


Laman New York Times menyebutkan, masyarakat kota Chelyabinsk sepertinya mulai terbiasa dengan kejadian tak biasa. Setelah munculnya meteor seberat 570 kilogram di langit kota itu pada 2013 yang dapat anda baca disini


The post ‘3 Matahari’ Muncul di Rusia appeared first on @terselubung.






diambil dari: http://ift.tt/17QAfuD
Blogger Template