Search

12 Tanya Jawab Seputar Olahraga


BlogBugar, Tubuh sehat dan bugar, siapa yang tak mau? Selain rutin berolah tubuh, yang juga penting adalah mengetahui seluk beluk seputar latihan. Tanya jawab di bawah ini sudah dikonsultasikan kepada para pakar di bidang kinesiologi, ahli gizi dan ahli kesehatan olahraga. Mudah-mudahan bisa menjadi pedoman Anda.



1. Perlukah peregangan sebelum berlatih?

Peregangan atau stretching membuat tubuh lebih lentur, sehingga meminimalkan risiko cedera. Otot-otot yang masih dalam keadaan ’dmgin’ akan lebih mudah sobek atau cedera kalau dipaksa bekerja. Stretching juga baik dilakukan setelah latihan.



2. Jika hanya memiliki sedikit waktu untuk berlatih 1 jam, 3 kali seminggu apa yang Sebaiknya dilakukan?

Untuk keseluruhan 3 hari itu. lakukan latihan kardio Selama 40 menit (termasuk 5 menit untuk pemanasan dan pendinginan). Kemudian, 15 menit gunakan untuk melatih kelenturan otot. Jangan lupa gunakan 5 menit terakhir untuk stretching.



3. Makanan apa yang baik sebelum memulai olahraga?

Sebagian orang memiliki simpanan karbohidrat yang cukup berasal dari makan malamnya. Jika Anda makan satu jam sebelum berlatih, pilihlah sesuatu yang ringan, rendah lemak, dan cair seperti yoghurt atau jus buah. Boleh juga semangkuk sereal dicampur jus buah segar.



4. Mengapa harus melakukan cooling down setelah beraerobik?

Pendinginan yang dilakukan secara perlahan membuat temperatur tubuh dan detak jantung Anda kembali normal. Selain itu, cooling down juga berfungsi mengeluarkan asam laktik dari tubuh, yang menumpuk di dalam otot selama latihan dan menyebabkan rasa letih di kemudian hari.



5. Perlukah menjadi anggota sebuah fitness club?

Memang ada hanyak keuntungan kalau Anda menjadi member sebuah pusat kebugaran. Biasanya begitu Anda mendaftar akan dites, termasuk kemampuan aerobik Anda, kebugaran secara keseluruhan, kelenturan, dan juga presentase kadar lemak dalam tubuh. Ini semua dicatat sehingga ketika dilakukan tes 4 atau 6 bulan kemudian, Anda bisa tahu efektif tidaknya latihan yang Anda lakukan selama Ini. Namun kalau Anda tidak ingin menjadi anggota pusat kebugaran, yang penting Anda rutin berolahraga. Sebaiknya 4-5 kali seminggu. Bisa diisi dengan jalan kaki, mengikuti kelas aerobik, sepeda, renang, Ian dan sebagainya.



6. Apa perbedaan otot kejang, otot tertarik, atau otot sobek?

Baik otot kejang, tertarik atau sobek sama-sama menunjukan sobeknya serat-serat otot. Namun, jenis sobekannya yang berbeda. Yang paling umum, hanya menimbulkan rasa sakit sesaat, otot sedikit kejang, atau kekuatannya melemah. Sedangkan jenis lainnya, bisa membuat otot tak berfungsi beberapa waktu. Pengobatan terbaik untuk semua jenis cedera di atas adalah dengan benstirahat atau kompres es pada daerah yang cedera.



7. Berapa lama tubuh akan kehilangan stamina Jika berhenti berlatih?

Jika berhenti aerobik, Anda akan kehilangan sekitar 5% stamina dalam seminggu. Berbeda dengan latihan kekuatan yang menyimpan stamina lebih lama. Sebuah studi tentang pria yang berlatih kekuatan selama 10 minggu kemudian berhenti, menunjukan kekuatannya masih tetap tersimpan meski telah 4 minggu berhenti berlatih. Dan dalam 3 bulan, mereka hanya kehilangan sekitar 16-21%.



8. Bagaimana menjaga daya tahan tubuh saat berlatih?

Tambah waktu latihan hingga mencapai batas kemampuan Anda. Perlahan tingkatkan intensitas latihan dengan menambah waktu sebanyak 1 menit setiap latihan. Tak usah terburu-buru, berlatihlah secara perlahan namun dengan porsi tepat.



9. Adakah perbedaan jumlah kalori yang terbakar antara aerobik low-impact dan high-impact?

Melakukan aerobik low-impact selama satu jam mampu membakar sedikitnya 310 kalori (untuk wanita dengan berat badan 65 kg), sedangkan high-impact membakar 433 kalori.



10. Berapa banyak air yang harus diminum sebelum, sesudah atau selama berlatih ?

Ketika tubuh Anda kekurangan air, ia akan memberi tanda-tandanya. Seperti tubuh panas, jantung berdetak lebih cepat, dll. Sebetulnya begitu merasa haus, tubuh Anda sudah memasuki tahap dehidrasi. Fisik Anda akan letih dan tak mungkin mencapai puncak kemampuan Anda. Berikut tips untuk mengatasinya: selama berlatih, minumlah hingga satu cangkir penuh setiap 15 menu. Minum sedikit-sedikit ternyata memudahkan tubuh menyerap cairan dibandingkan minum banyak sebelum atau sesudah berlatih.



11. Berapa banyak berat badan yang aman diturunkan dalam seminggu?

Jika ingin aman, cukup 0,5 kg dalam seminggu, atau Anda malah akan kehilangan massa otot yang penting ketimbang lemaknya sendiri.



12. Kapan latihan beban bisa membakar kalori lebih banyak, sebelum atau sesudah beraerobik?

Sebetulnya, tak ada perbedaan mendasar tentang latihan beban setelah atau sebelum beraerobik untuk membakar kalori lebih banyak. Namun, lebih baik Anda beraerobik terlebih dahulu. Alasannya? Kalau Anda memutuskan latihan angkat beban terlebih dahulu, otot-otot akan terasa berat dan letih saat beraerobik. Hal inilah yang bisa mengundang cedera otot.



sumber: jadilangsing.com





source: http://www.blogbugar.com/2013/05/12-tanya-jawab-seputar-olahraga.html
Blogger Template