Search

Jejak-jejak Perang Dunia II di Indonesia


Perang Dunia II dikenal sebagai perang paling mengerikan yang pernah dilakukan oleh umat manusia. Perang ini berlangsung pada tahun 1939 dan berhenti pada tahun 1945 dengan kekalahan kubu Axis yang berisi Jerman, Jepang, dan Italia. Dalam perang yang berlangsung selama 6 tahun ini, jumlah korban yang meninggal mencapai 70-85 juta jiwa.

Selama perang dunia berlangsung, Indonesia memang tidak terlibat secara langsung dalam perang. Negara kita ini sedang dikuasai oleh Belanda dan Jepang sebelum akhir merdeka. Meski tidak terlibat secara langsung, jejak Perang Dunia II ternyata banyak di temukan di Indonesia loh. Berikut beberapa jejak yang masih bertahan hingga sekarang, seperti yang dilansir boombastis.com.

 

1. Kepulauan Morotai


Kepulauan Morotai terletak di kawasan Halmahera Utara yang berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik. Saat Perang Dunia II berlangsung puluhan tahun silam, kawasan ini menjadi basis pertahanan militer milik Sekutu. Di salah salah satu pulau yang akhirnya di namani dengan Pulau Mc Arthur ini panglima perang Amerika pernah memerintah kekuatan militer di kawasan Asia Pasifik.

Selain Pulau Mc Arthur yang memiliki monumen, kawasan perairan di Kupulauan Morotai juga menyimpan banyak sekali pesona. Banyak sisa-sisa kendaraan perang seperti tank atau pesawat yang karam di dalam laut. Saat ini, kondisi dari benda itu sudah menyatu dengan terumbu karang dan menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil yang sangat indah.

 

2. Pulau Biak


Pada tahun 1944, kawasan Pulau Biak pernah dijadikan pertempuran antara tentara Sekutu yang dipimpin oleh oleh Jenderal Mc Arthur. Dalam perang ini Jepang mengalami cukup banyak kekalahan karena sekutu mengerahkan kekuatan sebanyak-banyaknya. Hingga sekarang jejak Perang Dunia II masih ada di kawasan Biak terutama di Pulau Owi yang masih memiliki landasan pacu.

Jejak lain yang ada di kawasan Biak adalah beberapa gua yang menyimpan banyak bekas senjata. Di sebuah gua bahkan dibangun lima kamar yang dipercaya digunakan oleh Jepang untuk perawatan korban perang. Saat ini kondisi gua dan sisa senjata masih ada dan terawat dengan baik. Oh ya, konon di masa lalu tentara Jepang mendadak meninggal dunia setelah masuk ke gua yang misterius itu.

Republished by Blog Post Promoter

The post Jejak-jejak Perang Dunia II di Indonesia appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2eQW2dK
Blogger Template