Search

Inilah yang Dilakukan Cinta Pada Tubuhmu!


Kamu pasti sudah tahukan bahwa cinta membuat orang merasa nyaman dan bahagia. Apalagi saat kamu sedang mengalami jatuh cinta, kamu pasti akan merasa sangat bahagia. Tetapi tahukah kamu ternyata ada lho ilmu di balik cinta.

Apa saja kira-kira ilmu itu? Menurut Brightside.me ada beberapa efek menakjubkan dan telah terbukti secara ilmiah bahwa cinta sangat berpengaruh pada pikiran dan tubuhmu. Yuk, simak penjelasannya!

 

1. Cinta adalah pereda sakit alami

Kamu tahukan jika sebuah pelukan dapat memberikan rasa nyaman, aman, dan perasaan yang baik. Tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa oksitosin (hormon dalam otak yang memberikan perasaan tenang dan rasa dekat) dilepaskan saat berpelukan selama 10-20 detik sangat efektif untuk melawan rasa sakit, khususnya sakit kepala.

Dan tahukah kamu hanya dengan melihat foto orang yang kamu cintai ternyata dapat meningkatkan daya tahanmu dan mengurangi rasa sakit (40% dalam kasus moderat dan 15% dalam kasus berat). Otak mengaitkan gambar orang yang kamu cinntai menjadi hal yang menyenangkan dan membuat segala jenis sakit lebih tertahankan, sehingga cinta dapat bertindak sebagai analgesik.

 

2. Cinta menjaga jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekspresi cinta dapat menurunkan detak jantung menjadi setengah. Hal tersebut bahkan lebih efektif saat stres karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung dalam jangka yang panjang.

Tahukah kamu bahwa oksitosin juga disebut sebagai hormon cinta karena diyakini menjadi salah satu molekul yang paling menakjubkan di dunia, mengapa demikian? Ini disebabkan hormon oksitosin dapat mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan secara teratur dan sekaligus membantu menghindari dan melawan depresi.

 

3. Cinta membantu melawan penyakit di tubuh

Gerakan cinta mulai dari berpegangan tangan sampai aktivitas seksual dapat meningkatkan produksi endorfin yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal tersebut sama dengan orang yang sedang dalam kondisi merasa dicintai. Orang tersebut memiliki rspon yang lebih baik untuk pengobbatan dan memiliki motivasi kuat untuk melawan penyakit.

 

4. Cinta mengobati insomnia

Hormon cinta (oksitosin dan endorfin) dapat menghambat pelepasan kortisol. Kortisol merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk mengubah stres, secara alami hormon ini akan membuat waktu istirahat menjadi lebih baik. Secara ilmiah cinta terbukti dapat menjadi salah satu perawatan yang paling efisien untuk tidur malam yang lebih baik.

 

5. Cinta mengurangi kecanduan

Opiat, kokain, nikotin, alkohol merupakan zat adiktif dan mereka mempengaruhi tingat dopamin dalam tubuh. Dopamin merupakan sebuah hormon yang bertanggung jawab untuk sebuah kesenangan yang tiba-tiba dan efek euforia.

Dengan kata lain, jatuh cinta dapat mengisi hidupmu dengan kesenangan. Dan di saat yang sama perasaan cinta juga dapat membantu untuk mengatasi kecanduan.

 

6. Cinta dapat membuat panjang umur

Sebuah survei menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki sebuah hubungan yang serius, terutama pernikahan, mereka merasa lebih sehat dan sangat bermanfaat dalam gaya hidup sehat (termasuk pilihan makanan, makan teratur, istirahat yang baik, lebih sedikit stres, dll).

Bersama pasangan juga dapat membantu mencegah dari penyakit dan juga mengatasi kondisi fisik lebih cepat. Hal ini membuktikan bahwa orang yang sedang jatuh cinta dan dalam komitmen sebuah hubungan cenderung hidup lebih lama.

 

7. Cinta adalah terapi

Banyak orang melakukan terapi dengan berbagai alasan, tetapi sebagian besar dari mereka melakukan hal itu hanya ingin untuk didengarkan dan dipahami. Dari semua ahli terapi di duni ini, orng yang paling bisa dan mampu untuk menyembuhkan dengan cara sederhana adlah pasanganmu.

Dukungan Cinta dan kasih sayang dari sebuah hubungan yang baik secara mental dan fisiologis merupakan obat utama (bahkan terkadang satu-satunya) dari fobia, depresi, kecemasan sosial sampai pada kondisi fisik.

Cinta dan hubungan berarti tidak hanya terjadi pada seorang saja tetapi pada sepasang manusia. Di mana mereka memilih untuk saling mencintai, untuk meningkatkan hubungan, untuk berperilaku berbeda, dan akhirnya mereka memilih untuk menjadi lebih bahagia dan tetap sehat.

Seorang psikolog besar bernama Robert Sternberg mengatakan bahwa, “Tanpa ekspresi yang besar cinta dapat mati.” Dengan menanamkan hal itu dalam pikiran, maka bukalah hatimu dan tunjukkan cintamu, karena itulah cara yang paling efisien untuk mendapatkan efek besar dari cinta.

 

The post Inilah yang Dilakukan Cinta Pada Tubuhmu! appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2apZAim
Blogger Template