Search

Manfaat Kacang Polong Bagi Kesehatan

Banyak orang menganggap kacang polong adalah pelengkap sebuah menu masakan yang dihidangkan di restoran. Padahal keluarga polong-polongan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

Menurunkan berat badan
Kacang polong sangat rendah lemak namun kaya akan protein, serat, dan nutrisi penting lainnya. Makanan sehat ini pun cocok dikonsumsi ketika berusaha menurunkan berat badan.

Mencegah kanker
Kacang polong memiliki senyawa penting bernama coumestrol. Menurut penelitian, konsumsi senyawa tersebut sebanyak dua mg saja sehari bisa membantu tubuh mencegah kanker lambung.

Memperkuat sistem imun
Karena kaya akan antioksidan (mulai dari flavonoid, carotenoid, asam fenolat, dan polyphenol), kacang polong mampu mencegah penuaan dini, memperkuat sistem imun, dan menambah energi.

Mencegah keriput
Kacang polong dianggap sebagai agen anti inflamasi. Inflamasi sendiri sering dikaitkan dengan penyakit jantung, kanker, dan penuaan berupa wajah yang keriput.

Mengontrol gula darah
Kandungan serat dan protein dalam kacang polong bermanfaat bagi tubuh karena membantu ginjal dalam mengontrol gula darah. Sehingga makan kacang polong bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Mencegah penyakit jantung
Antioksidan dan komponen penurun inflamasi membuat pembuluh darah bekerja lebih lancar. Risiko penyakit jantung pun bisa diturunkan karena pembuluh darah tetap terjaga kesehatannya.

Mencegah sembelit
Punya masalah pencernaan? Segera makan kacang polong. Karena kaya akan serat, makan kacang polong juga ampuh mencegah dan mengatasi sembelit.

Menyehatkan tulang
Satu cangkir kacang polong mampu menyumbangkan 44 persen vitamin K pada tubuh. Fungsi vitamin K adalah mengunci kalsium di dalam tulang dan membuatnya tetap sehat.

Menurunkan kolesterol
Ada senyawa bernama niacin yang terdapat pada kacang polong. Fungsi dari senyawa tersebut adalah menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan yang baik (HDL).

Ramah lingkungan
Anda bisa menanam sendiri kacang polong di rumah. Sebab selain baik bagi tubuh, tanaman kacang polong juga sangat ramah lingkungan. Salah satu fungsinya adalah mengikat nitrogen di udara untuk dikunci di dalam tanah sehingga membuat tanah semakin subur.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari kacang polong. Makanan ini biasanya dinikmati dengan cara direbus atau ditumis.

source: http://www.blogbugar.com/2013/09/manfaat-kacang-polong-bagi-kesehatan.html
Blogger Template