Search

Pria Muda Juga Bisa Alami Disfungsi Ereksi

www.blogbugar.com

Banyak yang menganggap gangguan disfungsi ereksi (DE) hanya terjadi pada pria berusia lanjut. Padahal faktanya, pria usia muda juga bisa mengalami DE. Disfungsi ereksi ini merupakan ketidakmampuan pria untuk ereksi atau menjaganya saat melakukan hubungan seksual.


Menurut dr Ponco Birowo, SpU, PhD dari Rumah Sakit Asri di Jakarta, ada banyak penyebab DE. Antara lain penyakit diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit jantung yang banyak terjadi pada pria usia 40 tahun ke atas. Tapi tak menutup kemungkinan juga terjadi pada pria muda

"Saya bahkan pernah menangani pasien disfungsi ereksi yang usianya masih 20 tahun," kata dr. Ponco.

Ia menjelaskan, terjadinya disfungsi ereksi pada pria muda biasanya disebabkan oleh faktor psikis dan gaya hidup yang tidak sehat. Seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, dan menggunakan obat penenang dalam jangka waktu lama.

"Stres karena pekerjaan atau masalah hidup, kecemasan dan tidak percaya diri bisa membuat ereksi tidak keras. Bisa juga karena pengalaman buruk tentang hubungan seksual di masa lalu dan takut gagal lagi ketika melakukan hubungan seksual," ungkapnya.

Karena itu dr Ponco menyarankan penderita DE harus memeriksakan diri ke dokter. Bukan hanya memeriksakan secara fisik tapi juga psikis dengan berkonsultasi pada psikiater.

Karena masalahnya adalah faktor psikologis, penanganannya juga berbeda. Dan bila DE dideteksi lebih dini, terapinya juga relatif lebih mudah," tambah dia.

Menurut dr. Nur Rasyid, SpU, urolog senior dari RS Asri dan FKUI RSCM kunci utama kesembuhan DE bukan hanya terletak pada pengobatan. Tapi juga komunikasi dengan pasangan.

"Kalau sudah menikah, komunikasi dengan istri harus baik. Begitu juga dalam masalah disfungsi ereksi. Kalau istrinya marah-marah, yang ada malah tambah stres dan justru malah memperparah keadaan," ujar Rasyid.

source: http://www.blogbugar.com/2013/09/hati-hati-pria-muda-juga-bisa-alami.html
Blogger Template