Search

Gitar Bass Jokowi Pemberian Metallica Jadi Milik Negara

Gitar Bass Jokowi Pemberian Metallica Jadi Milik Negara - Gitar bass dengan tanda tangan Robert Trujillo Metallica milik Jokowi akhirnya menjadi miliki negara. Bass ini dinyatakan termasuk dalam gratifikasi. Padahal, gitar ini sebelumnya diberikan kepada mantan walikota Solo melalui promotor musik Jonathan Liu, karena Jokowi adalah seorang penggemar Metallica.



Gitar Bass Jokowi Pemberian Metallica Jadi Milik Negara



Menurut peraturan gratifikasi, benda yang bernilai di atas Rp 300 ribu harus dikembalikan dan dinyatakan milik negara. Selain itu, gitar bass berwarna merah marun bertuliskan Giving Back To Jokowi: Keep Playin That Cool And Funky Bass ini berkaitan dengan jabatan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. "Gitarnya milik negara karena pemberian itu terkait jabatan. Jonathan Liu sebagai promotor memberikan benda itu kepada Jokowi sebagai Gubernur DKI," kata Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiyono di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/5), seperti dilansir dari Republika.



Pihak KPK menilai promotor Jonathan Liu lah yang berinisiatif untuk meminta gitar bass dengan tanda tangan Robert Trujill. Selain itu adalah tulisan Giving Back yang ditulis dengan tinta yang berbeda. "Jadi, ada unsur kepentingan. Satu hal yang paling penting karena di gitar itu tertulis giving back, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan minta timbal jasa," ujarnya.






Jadi KPK beranggapan jika gitar ini memiliki maksud lain. Setelah dinyatakan sebagai gratifikasi, maka gitar ini bisa akan dilelang atau bisa juga diletakkan di museum. "Jika dilelang, kita serahkan ke Kementerian Keuangan untuk melakukan pelelangan dan Pak Jokowi bisa memilikinya lagi.



Kedua, kelihatannya kami dalam posisi hampir sepakat, gitar itu diletakkan di tempat yang orang bisa belajar semuanya, seperti di museum," katanya. Sedangkan, foto Trujillo sedang memegang gitar bass ini tidak akan disita karena tidak berharga di atas Rp 300 ribu.

Sumber



diambil dari: http://www.zamrudnews.com/2013/06/gitar-bass-jokowi-pemberian-metallica.html
Blogger Template