Search

Trik Sains yang Bisa Dilakukan di Rumah

Trik Sains yang Bisa Dilakukan di Rumah
Sedang bosen di rumah? Gak tau mau ngapain tapi pengen melakukan sesuatu yang seru dan gak biasa? Tenang saja! Dengan datang ke kita, kamu sudah membuat sebuah keputusan yang tepat.

Trik-trik sains ini bisa banget kamu lakuin di rumah dan mencerahkan ke harimu, yuk lihat:

 

1. Roket Diet Coke dan Mentos

Apa yang mesti kamu persiapkan:
– 2 liter Diet Coke bottle
– Mentos
– Kacamata Yang Aman
– Selotip

Instruksi:
1. Kumpulkan semua bahan, dan susun rapi. (Tujuannya agar gak berantakan aje.). Oh iya, untuk Mentos hanya pilih yang white mint ya.
2. Potong sebaris selotip sekitar 10,2 cm
3. Ambil 5-7 Mentos.
4. Baringkan Mentos di baris selotip
5. Ambil lagi sebaris selotip berukuran sama dengan sebelumnya, dan pasang di atas Mentos yang sudah dibaringkan. Bagian samping biarain aja kebuka.
6. Ambil lagi sebaris selotip berukuran 3 inci dan bikin gulungan yang saling menyatu, pasang selotip ini di atas gulungan Mentos yang telah kamu buat. Pasangkan selotip berisi Mentos ini ke bawa tutup botol Coke.

7. Sekarang, pasangkan tutup botol itu ke botol coke, dengan gulungan Mentos mengarah ke dalam. Mentos seharusnya jangan langsung menyentuh Coke, hindari ini. Setelah masuk, kocok Cokenya terus menerus.
8. Sekarang, bantingkan coke ke lantai dan biarkan dia menjadi roket seperti yang kamu inginkan.

 

VIDEO:

 

2. Membuat Api Dari Kaca Pembesar

Apa yang mesti kamu persiapkan:
– Kaca Pembesar
– Kertas Koran
– Sinar Matahari
– Air
– Kayu
– Bata
– Kaca Mata (Penting)

Instruksi:
1. Cari barang yang mudah terbakar, seperti koran
2. Peraturan: lakukan ini di tempat dimana api gak bisa menjalar selain di kertas koran. Tempat yang cocok adalah, trotoar semen, wilayah yang penuh dengan kotoran, bebatuan ataupun sejenisnya. Ngerti dong ya kenapa, jangan sampe rumah kamu kebakaran cuma karena kamu lagi main-main.
3. Ambil sebatang kayu kering dan letakkan di ujung kertas koran.
4. Tahan kaca pembesar tepat di depan matahari sehingga terlihat seberkas cahaya di kertas koran. Atur agar titik cahaya ini kecil. Titik ini harus berbentuk lingkaran yang kecil, atau kalau nggak bakal lama terbakar.
5. Sabar. Bisa aja, api baru ada sekitar 4-9 jam. Mungkin bisa hitungan detik kalo cahaya mataharinya kuat banget (Mungkin bisa dicoba ke Afrika kali ya).

6. Begitu terbakar, matikan apinya, jangan biarkan menjalar. Cara mematikan api? Bukan pake smartphone ya. Jejakkan kakimu di apinya (yang tentu saja kecil, kalo besar jangan macem-macem sih)

 

VIDEO:

 

3. Mengubah Susu Jadi Batu

Apa yang mesti kamu persiapkan:
– Gelas Ukur
– Sendok
– Susu (Nonfat, fat free)
– Cuka polos
– Panci atau Mangkok
– Keras atau Handuk Tipis
– Sumber Pemanas
– Tempat Pengering

Instruksi:
1. Masukkan segelas susu nonfat ke panci dan hangatkan sampai mendidih; aduk untuk menghindari hangus; dan tunggu sampai berbusa di sekitar tepi. Hindari kelebihan busa dari kemungkinan overheating.
2. Tuang 1 sendok makan cuka menggunakan sendok pengukur, aduk dan menunggu reaksi. Apa yang terjadi adalah bahwa asam dalam cuka (asam asetat 5%) bereaksi dengan zat dalam susu.
3. Tambah foil strip atau bahan dekoratif lainnya ke dalamnya sambil tetap diaduk.
4. Tambahkan pewarna, agar batu yang kamu buat berwarna. Bisa juga nanti sih.
5. Dinginkan hati-hati sampai bener-bener bisa disentuh. Jangan sampe menyentuh bahannya atau wadah ketika panas. Karena apa? Karena nanti tangan kamu terbakar dong.
6. Saring perlahan untuk memisahkan gumpalan kasein dan cairan susu. Saring cairan dua kali atau lebih jika diperlukan.
7. Tumpahkan kasein basah ke kertas atau handuk basah. Lalu, lipat handuk dan buang noda cairan berlebih dengan meremasnya pelan. Pelan aja ya remasnya, jangan berlebihan.
8. Buka lipatan dan tempatkan di kertas yang sesuai (kertas lilin bisa) dan letakkan kering. Tutupi dengan kain tenun untuk mencegah debu dan puing-puing masuk.
10. Biarkan kasein mengering untuk beberapa hari. Pilihlah plastik thermoset, sesuatu yang tidak larut dalam pemanasan.
11. Bentuk atau buat cetakan dengan mengeringkannya menjadi sebuah bentuk, misalnya tutup botol, untuk bentuk standar. Bisa juga jadi semacam perhiasan, ini dibebasin ke kamu mau dijadiin gimana ya.

Warnai permukaan plastik dengan mencelupkan atau goresan dengan pewarna atau pewarna yang bisa saja ditambahkan dalam pembuatan plastik kasein basah.

Bentuk bahannya ketika kering,

 

VIDEO:

Gimana? Seru ya! Masih banyak lagi sih sebenernya trik sains yang bisa kamu lakuin di rumah. Gak repot kok. Kalo kamu ngelihat sekeliling, pasti banyak yang bisa dimanfaatin.

Jangan cuma main hape aja dong, justru hal-hal di sekeliling kamu banyak banget yang menarik untuk dikulik. Kembalikan lagi kegiatan fisik ketika bosen. Yuk ah.

Ada yang tahu trik sains lain? Bisa loh di share di comments. Atau, ajak temen kamu melakukan trik sains di atas.

 

Originally posted 2015-06-02 12:39:00. Republished by Blog Post Promoter

The post Trik Sains yang Bisa Dilakukan di Rumah appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/1LZjGtW
Blogger Template