Search

Bantai Lemak Dengan Latihan Beban!


BlogBugar, Faktanya, setiap 10 tahun, metabolisme manusia akan mengalami penurunan dan melambat sekitar 3%, massa otot mulai menyusut, dan produksi lemak tubuh kian bertambah. Itulah sebabnya mengapa kita merasa cepat gemuk ketika usia bertambah. Namun, hal tersebut bisa diminimalisir dengan latihan beban. Latihan beban adalah latihan terbaik untuk meningkatkan dan membangun massa otot.



Bukan rahasia umum, jika latihan beban dapat meningkatkan laju metabolisme sekaligus membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara tepat dan teratur. Jika dikombinasikan dengan latihan kardio, latihan beban juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan.



Studi menunjukkan, bahwa latihan beban selama tiga bulan secara rutin sekitar 15-20 menit sehari 2-3 kali seminggu, dapat menambah otot kurang lebih 1,4 kg. Latihan beban juga dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 7% dan membantu membakar 105 kalori ekstra setiap harinya.



Nah, sebelum memulai program latihan beban, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut ini:



Pilih Beban yang Tepat

Mulailah dengan memilih beban yang tepat, dan disesuaikan dengan kemampuan Anda. Beban yang terlalu ringan, tidak akan memberikan otot Anda tantangan untuk mendapatkan kekuatan maksimal. Namun, jangan pula menggunakan beban yang terlalu berat karena akan beresiko cedera. Gunakan beban sesuai kemampuan, kemudian tambahkan secara bertahap apabila Anda merasa masih kuat.



Lakukan Perlahan

Gerakan yang terlalu cepat, akan menyebabkan resiko cedera dan tidak efektif untuk membangun kekuatan, karena biar bagaimana pun otot Anda perlu melakukan adaptasi. Lakukan gerakan mengangkat selama dua detik, dan empat detik untuk menurunkan beban.



Atur Nafas

Pengaturan nafas yang keliru saat melakukan latihan kekuatan, akan membuat gerakan menjadi lebih sulit. Bahkan, pernafasan yang tidak stabil dapat mengacaukan tekanan darah Anda. Selama latihan, dianjurkan bernafas dengan cara buang nafas saat kontraksi dan tarik nafas saat Anda melepaskan beban.



Buatlah Program Latihan yang Baik

Disarankan, Anda membuat dan menyusun program latihan beban dengan baik dan teratur. Buatlah program latihan beban Anda secara terperinci. Misalnya, hari Senin untuk melatih otot dada, Rabu untuk melatih otot kaki, Kamis untuk melatih otot punggung dan seterusnya. Hal yang perlu Anda ingat, jangan berlatih selama satu minggu penuh. Sisakan 1-2 hari untuk istirahat dari sesi latihan, karena otot akan tumbuh saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.



Mulailah Konsumsi Makanan Sehat

Last but not least, mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan menjaga keseimbangan asupan nutrisi. Buah-buahan dan sayuran, adalah contoh makanan sehat yang baik untuk mendukung program latihan Anda. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan tinggi lemak. Ganti dengan makanan tinggi protein yang dapat membantu meningkatkan perkembangan otot lebih optimal, seperti dada ayam, telur, dan daging.





sumber: mensjourneyid.com






source: http://www.blogbugar.com/2013/05/bantai-lemak-dengan-latihan-beban.html
Blogger Template