Search

Terapi Hipotermia Membuat Pria yang Meninggal ini Hidup Kembali


Seorang Bapak dari 2 orang anak bernama Bulent Sonmez berasal dari Turki, telah divonis terkena serangan jantung sangat parah dan dianggap tidak bisa ditolong lagi. Hal ini terbukti bahwa dengan melihat detak jantung Bulent Sonmez yang sudah tidak berdetak lagi. Denyut jantungnya sudah tidak ditolong dengan menggunakan kejut jantung.

Maka langkah berikutnya atau terakhir dari dokter adalah dengan menggunakan cara yang kontroversial yaitu terapi hipotermia. Cara ini digunakan dalam upaya untuk menurunkan suhu tubuhnya ke titik yang sangat rendah 30 derajat celcius. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi efek kekurangan oksigen pada organ jantung.

Seperti yang dikutip dari berita2populer.com, Cara kerja terapi hipotermia kontroversial adalah dengan memasukkan tubuh seseorang yang telah kaku ke dalam bak berisi es. Maka demikian juga yang dilakukan pada Bulent Sonmez. Alhasil sungguh ajaib. Tubuh denyut jantung Bulent Sonmez kembali berdetak dan nyawa Bulent Sonmez ada harapan bisa tertolong. Butuh waktu 24 jam bagi dokter menunggu detik-detik suhu pria turki ini kembali ke suhu normal.

Keluargapun gembira dan bahagia mendengar berita dari dokter. Tapi yang membuat keluarga sedih adalah karena Bulent Sonmez kehilangan 50% ingatannya. Bahkan ia tidak ingat lagi istri dan anak-anaknya. Sungguh kasihan. Tapi lambat laun ingatan Bulent Sonmez mulai pulih kembali dan mampu mengingat banyak hal setelah 8 tahun sejak ia menjalani terapi kontroversial tersebut.

“Saya merasakan kayak sebuah film. Saya bingung bagaimana cara menjelaskan semua kejadian ini kepada dua anak kami. Mereka telah menunggu di rumah selama ini,” begitu yang dikatakan sang istri, Sibel Sonmez. Untuk mengatasi dan memulihkan ingatan suaminya, yang dilakukan oleh sang istri, Sibel Sonmez, adalah dengan menunjukkan foto-foto kenangan di masa lalu sebelum Bulent Sonmez sakit. Tapi memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengingat semuanya.

Menurut dokter yang menanganinya Pengobatan terapi hipotermia adalah cara terakhir bagi pasien yang terkena serangan jantung dan nyawa seseorang bisa tertolong. Tujuannya adalah untuk membatasi akibat dari kekurangan oksigen pada seseorang yang terkena serangan jantung. Tapi akibat lain bisa saja terjadi. Yaitu terjadinya kerusakan parah pada otak pasien.

 

Baca juga mengenai hibernasi manusia disini

The post Terapi Hipotermia Membuat Pria yang Meninggal ini Hidup Kembali appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/1zcLY32
Blogger Template