Search

Rumah Ditengah Lubang Galian Raksasa


Demi membangun infrastruktur, pemerintah seringkali harus menggusur hunian masyarakat di sejumlah kawasan tertentu. Tapi pengalaman perih harus dihadapi sebuah keluarga di China yang menolak menjual rumahnya pada pemerintah.

Rumah keluarga tersebut akhirnya tertinggal di tengah lubang galian raksasa yang sengaja dilakukan pemerintah. Lebih dari itu pihak pemerintah China juga memangkas akses listrik dan air.

Awalnya, pemilik rumah dan pihak berwenang gagal menemukan harga yang bisa disepakati bersama sebagai ganti rugi relokasi rumah. Akhirnya selama dua tahun, keluarga tersebut harus mencari air dari sungai dan menggunakan lilin sebagai penerangan.

Penasaran dengan kisah keluarga dari China yang tinggal di tengah lubang galian raksasa? Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari liputan6.com

 

Rumah di tengah galian raksasa
Sekilas, rumah tersebut tampak seperti bangunan yang tertinggal di tengah ledakan besar, tapi masih berdiri tegak. Rumah tiga lantai, di Yichang, Hubei itu ternyata berada di tengah tempat konstruksi taman berteknologi tinggi.

Rumah yang berada di tengah galian lubang raksasa tersebut merupakan salah satu korban perkembangan desa super cepat di China. Tertinggal sendirian di tengah lubang, pemilik rumah tersebut ternyata menolak menjual rumahnya pada pemerintah.

Di sekeliling rumah kini terdapat banyak bahan bangunan dan para pekerja yang tengah giat mengerjakan konstruksi. Bahkan setelah dua tahun bergelut dengan pemerintah lokal, pria bernama Yang itu tetap mempertahankan keluarganya untuk tinggal di sana.

 

Hidup tanpa listrik dan air
Yang mengatakan, rumahnya dibangun pada 1990 dan direnovasi pada 2005. Tujuh tahun kemudian, dia tak sepakat dengan total kompensasi relokasi rumah dengan pihak pemerintah.

Tak disangka-sangka, pihak pengembang properti lantas memangkas akses air dan listrik ke rumah tersebut. Meskipun Yang mengirim petisi mengharapkan bantuan, tapi ada satu lembaga pun yang membantu dia dan keluarga mendapatkan halnya kembali.

Yang dan keluarga sempat pindah ke rumah kontrakan saat menantunya melahirkan. Tapi karena tak punya uang lebih untuk menyewa rumah, mereka akhirnya kembali ke tempat tinggal asal di tengah galian konstruksi.

 

Mengambil air dari sungai
Yang mengkhawatirkan dari rumah tersebut adalah rumah yang penuh retak di mana-mana. Selain itu situasi geografis dapat membuat hunian itu hancur kapan saja saat air terus mengikis bagian bawah rumah.

Rumah semacam itu sering disebut hunian paku karena tertancap di satu area dan sulit untuk dipindahkan. Untuk mendapatkan air saja, Yang dan keluarga harus susah payah mengambil air dari sungai yang jaraknya sangat jauh dari rumah.

Sementara untuk penerangan, keluarga kecil itu menggunakan lilin di malam hari. Ini bukan kasus pertama di China, sebelumnya beberapa rumah juga mengalami hal serupa lantaran pemiliknya menolak menjual tempat tinggalnya.

Rumah-rumah paku dari seluruh dunia dapat dibaca disini

The post Rumah Ditengah Lubang Galian Raksasa appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/1EHbTQw
Blogger Template