Search

Menakjubkan! Video Lukisan Angka Delapan oleh Matahari di Langit



Jika kita melihat matahari di waktu dan tempat yang sama selama setahun … maka kita akan melihat perubahan posisi matahari yang membentuk angka DELAPAN … hal ini dinamakan ANALEMMA …


Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com , Secara sederhananya analemma adalah kurva yang terbentuk dari lintasan pergerakan benda langit pada celestial sphere jika dilihat dari suatu posisi acuan tertentu selama periode tertentu (biasanya satu revolusi suatu planet terhadap pusat tata surya). Jika kita mengamati posisi matahari di langit selama satu tahun pada pukul 16.00, misalnya, disuatu posisi di kota A mungkin kita berpikir bahwa perubahan posisi matahari di langit dari posisi terendahnya di musim dingin sampai posisi tertingginya di musim panas akan membentuk suatu garis lurus. Tetapi kenyataannya perubahan posisi matahari tersebut tidaklah membentuk suatu lintasan berbentuk garis lurus, melainkan membentuk suatu kurva yang terkenal dengan figure 8 alias bentuk angka 8.


Kenapa analemma bumi membentuk figure angka 8? Analemma bumi yang berbentuk figure angka 8 disebabkan oleh perubahan posisi matahari relatif terhadap bumi (lebih tepatnya dengan menggunakan garis katulistiwa sebagai acuan) selama bumi berevolusi mengelilingi matahari.



Kupasan yang lebih mendalam tentang analemma ini dapat anda baca disini


The post Menakjubkan! Video Lukisan Angka Delapan oleh Matahari di Langit appeared first on @terselubung.






diambil dari: http://ift.tt/1zbpwpo
Blogger Template