Search

Kisah Sosok Penemu Listrik yang Diasingkan


Mungkin kebanyakan orang akan sangat asing ketika mendengar nama Nikola Tesla. Tentu saja, karena Tesla tidak banyak di sebutkan pada buku-buku sejarah pada masa ke masa, bahkan hingga saat ini.

Namun, siapa sangka Tesla ini adalah penemu teori daya listrik bolak-balik atau alternating current, elektromekanik, dan arus listrik tanpa kabel. Tesla juga merupakan sosok dibalik yang mendasari penemuan Thomas Alva Edison.

Sempat terjadi ketegangan antara Tesla dan Edison, itu terlihat jelas pada debat arus searah Edison dan arus bolak-balik Tesla. Tesla kemudian memenangkan debat ini karena arus bolak-balik miliknya terbukti lebih hemat dan efisien.

Tesla juga terlibat dalam beberapa bisnis kontroversial. Dimana perusahaan-perusahaan yang merasa terancam oleh riset Tesla banyak melakukan cara untuk menghancurkan pekerjaan risetnya hingga reputasi Tesla rusak dan membuatnya bangkrut dan risetnya pun terhenti.

Salah satu proyek suksesnya adalah transmisi listrik berbasis wireless yang terbilang revolusioner. Proyek ini menyingkirkan pabrik minyak dan gas. Tesla mengerjakan proyek ini di akhir hidupnya, Tesla menghembuskan nafas terakhir pada 07 Januari 1943 di New York.

Jauh setelah ia meninggal dunia barulah terungkap bahwa semua pekerjaan dan hasil risetnya telah dicuri, hingga kini belum ada yang bisa memastikan siapa yang telah mencuri risetnya itu. Karena memang saat ini belum ada yang menggunakan risetnya secara gamblang, tentu saja dengan alasan agar tidak terbukti.

Dan mungkin saat ini riset Tesla sudah digunakan oleh dunia dengan mencetuskan entah nama siapa yang tercantum dengan didasari riset kepunyaannya. Namun, dengan cara yang tidak begitu transparan dan tidak terlalu mengkiblatkan riset kepunyaan Tesla yang telah hilang.

Karyanya terlupakan bahkan hampir tidak dikenal setelah kematiannya. Tetapi untuk menghormati mendiang Tesla, di tahun 1960 Konferensi Umum Tentang Berat dan Ukuran bernama Unit SI mengetik mengenai teori yang dibuat oleh Nikola Tesla.

The post Kisah Sosok Penemu Listrik yang Diasingkan appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/2jdZQTO
Blogger Template