Search

Hasil Penelitian: Internet Membuat Orang Sok Tahu


Internet mungkin tak membuat Anda lebih pintar, tapi ia akan membuat Anda merasa lebih pintar. Setidaknya hal tersebut adalah kesimpulan dari beberapa eksperimen yang dilakukan para peneliti di Yale University.

Seperti yang dikutip dari metrotvnews.com, Mereka menemukan bahwa orang-orang yang mencari jawaban atas suatu pertanyaan di internet akan merasa lebih percaya diri mengenai suatu topik. Seperti yang dilansir dari Wall Street Journal, para peneliti melakukan sembilan eksperimen dengan beragam tema yang diikuti lebih dari 1.000 orang.

Para peneliti lalu membagi para peserta ke dalam dua grup. Mereka semua lalu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti “Kenapa bola golf dipenuhi dengan cekungan kecil?” atau “Bagaimana cara kerja resleting?”. Satu grup diizinkan menggunakan internet, sementara grup yang lain tak diperbolehkan untuk mengakses internet.

Berdasarkan laporan dari penelitian ini, terbukti bahwa para peserta yang berada dalam grup yang diperbolehkan untuk menggunakan internet merasa bahwa mereka dapat memberikan jawaban yang lebih baik daripada mereka yang berada dalam grup tanpa internet.

Seorang peneliti, Matthew Fisher mengatakan bahwa, pada dasarnya, orang yang diperbolehkan menggunakan internet, “merasa bahwa mereka tahu lebih banyak.”

Para peneliti lalu melakukan penelitian yang sedikit berbeda. Pertama-tama, mereka meminta para peserta di kedua grup untuk menilai kemampuan mereka untuk menjawab berbagai pertanyaan. Nilai dari kedua grup tersebut kurang lebih sama.

Tetapi setelah satu grup diizinkan untuk menggunakan internet, mereka menilai bahwa mereka dapat menjawab pertanyaan yang disajikan dengan lebih baik. Sementara itu, grup tanpa internet menilai kemampuan mereka untuk menjawab pertanyaan yang ada menjadi lebih rendah.

Pada eksperimen lain, grup tanpa internet mendapatkan dokumen yang merupakan hasil print dari situs yang diakses grup yang boleh menggunakan internet. Meskipun begitu, orang-orang yang berada di grup yang boleh menggunakan internet tetap merasa bahwa mereka dapat menjawab pertanyaan dengan lebih baik.

Para peneliti lalu menyimpulkan, “Mencari penjelasan mengenai suatu topik secara online akan membuat seseorang merasa bahwa pengetahuan mereka mengenai topik tersebut telah meningkat.”

Bahkan saat mereka tak menemukan apa pun saat melakukan pencarian online, mereka tetap merasa percaya diri. Frank Keil, salah satu peneliti mengatakan, “Efek kognitif karena diperbolehkan mencari jawaban di internet mungkin begitu kuat, sehingga orang-orang tetap merasa lebih pintar bahkan jika hasil pencarian yang mereka lakukan tidak memberikan jawaban yang memuaskan.

Republished by Blog Post Promoter

The post Hasil Penelitian: Internet Membuat Orang Sok Tahu appeared first on terselubung.in.



diambil dari: http://ift.tt/1Hf70zh
Blogger Template